Profil

Minggu, 15 April 2012

Mau lulus Ujian Nasional ? Ini tipsnya.



Insya Allah besok, hari senin tanggal 16 April 2012 akan mulai berlansung Ujian Nasional (UNas) untuk tingkat SMA. Tentunya besar harapan, agar penyelenggaraan Ujian tahun ini tidak dinodai dengan berbagai kecurangan-kecurangan seperti tahun-tahun sebelumnya. Seperti yang diungkapkan oleh seorang ibu guru di Surabaya. Ibu guru tersebut mengatakan bahwa “sebenarnya yang dirugikan oleh kecurangan yang terjadi adalah siswa/siswi itu sendiri”. setelah beliau membeberkan kecurangan yang terjadi di sekolahnya pada UNas tahun lalu.
Kita semua juga pasti berharap agar semua siswa/siswi yang mengikuti unas tahun ini mendapatkan kelulusan yang sempurna. Nah, berikut ini saya akan mencoba menawarkan tips atau cara agar sukses Ujian Nasional:
Pertama, Belajar dengan giat dan tekun. Belajar adalah syarat utama untuk memperoleh nilai yang baik. Ada banyak cara yang bisa ditempuh diantaranya adalah melalui bimbingan guru, belajar bersama dengan teman dll.
Setelah anda belajar dengan giat dan tekun, maka cara yang Kedua adalah Meminta maaf kepada para guru dan orang tua. Hal ini sangat penting sebab keridhoan mereka merupakan keridhoan Allah swt.
Ketiga, Bacalah basmalah ketika anda menerima soal ujian kemudian berdoalah agar Allah memudahkan anda dalam menjawab soal ujian.
Keempat, Bertawakkal kepada Allah swt. Setelah anda belajar dengan giat dan tekun, maka serahkan segalanya kepada Sang Penentu Segala Sesuatu Allah swt.
Terakhir, Meminta DOA kepada orang tua dan guru. Sebab Doa orang tua termasuk doa yang mustajab; langsung diijabah oleh Allah swt.
Namun, ada beberapa hal yang menjadi perhatian dari saya yaitu ada sebahagian siswa/siswi –mungkin karena ketakutan mereka kalau-kalau tidak lulus nantinya- melakukan hal-hal yang kadang tidak masuk akal, bahkan sampai melakukan suatu perbuatan yang menodai aqidah. Seperti yang saya saksikan siang tadi melalui layar kaca; ada sebuah sekolah yang mengadakan doa bersama memohon kelulusan di makam wali/kyai, mendatangi dukun dll. padahal dalam Al-Quran surat Al-Fatihah ayat 5 dijelaskan bahwa seorang muslim hanya dibolehkan meminta bantuan dan pertolongan kepada Sang Pencipta Allah swt. Hal-hal seperti ini harus dibuang jauh-jauh, karena jangan sampai hal-hal inilah yang menyebabkan ketidak lulusan seseorang.
Inilah beberapa tips, saran dan masukan dari saya. semoga bermanfaat.

Salam,


Tidak ada komentar: