Profil

Kamis, 17 Mei 2012

Kebersihan Adalah Pangkal Kesehatan

Peribahasa di atas sungguh benar adanya; dinyatakan bahwa kebersihan merupakan pangkal atau sumber dari kesehatan. Kebersihan yang dimaksud di sini, bukan hanya kebersihan lahir/dzahir semata. Tapi juga mencakup kebersihan batin (jiwa).
Kebersihan lahir/dzahir seperti bersihnya badan dari kotoran, najis dll dengan mencucinya atau dengan mand, kebersihan tempat tinggal dan lingkungan dari sampah maupun kotoran.
Kebersihan dzahir sangat dianjurkan dalam Islam seperti yang disebutkan oleh Nabi saw dalam sebuah hadits; Beliau mengatakan: “Kebersihan itu sebahagian dari iman”. Dalam hadits lain yang semakna dengannya disebutkan bahwa: “Sesungguhnya Allah swt Indah dan menyukai yang indah-indah”. Dan kebersihanlah yang akan mendatangkan keindahan.
Adapun kebersihan batin yang dimaksud adalah kesucian jiwa (Tazkiyatu An-Nafsi) dari segala macam bentuk penyakit hati seperti iri, dengki, hasad, takabbur dan maksiat.
Mensucikan jiwa merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Karena setiap jiwa pasti pernah melakukan kesalahan, khilaf dan dosa. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk senantiasa selalu mensucikan jiwa dengan cara melakukan langkah-langkah di bawah ini:
Pertama, memperbanyak istighfar; memohon ampun kepada Allah swt. Rasulullah saw yang sudah ma’sum (terpelihara dari dosa) saja beristighfar; memohon ampun kepada Allah dalam sehari sampai 100 kali…!!!, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Coba bayangkan dan renungkan dengan seksama…!. Nabi saw saja seperti itu, nah bagaimana dengan kita yang tiap saat berlumuran dosa dan maksiat, namun kita tetap malas serta enggan untuk “sekedar” beristighfar; memohon ampun kepada-Nya.
Kedua, memperbanyak dzikir; mengingat Allah swt, baik dengan melaksanakan shalat, membaca ayat-ayat suci Al-Quran ataupun dengan melafalkan kalimat thoyyibah. Dengan begitu, jiwa dan hati kita yang berkarat ini akan menjadi bersih, suci dan semakin dekat kepada-Nya. Di dalam Al-Quran, Allah swt memerintahkan kita untuk banyak mengingatnya agar Dia memberikan ampunan-Nya dan pahala yang besar (lihat dalam ayat-ayat berikut ini: surat Al-Baqarah ayat 152, Al-Ahzab ayat 41, 35, Al-A’raaf ayat 205).
Semoga Allah swt menjadikan kita semua sebagai orang-orang yang cinta kepada kebersihan dan keindahan serta mensucikan jiwa kita, hati kita dari segala bentuk noda, dosa dan maksiat…. Amiin ya Kariim ya Rahiim.
Alhamdulillah selesai juga menulis sebuah artikel singkat dan sederhana ini. Ide dari tulisan ini sendiri saya peroleh saat membersihkan kamar pagi tadi. Ternyata ide itu bisa kita peroleh dari mana saja dan kapan saja, tinggal kita yang harus cerdas mengolahnya agar supaya menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat, enak dibaca dan mencerahkan tentunya.
Tetap semangat…!

Tidak ada komentar: