Profil

Kamis, 29 Maret 2012

Inilah 7 Tips Bagaimana Membuat Orang Merasa Penting


Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Namun dalam berinteraksi dengan sesama, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan agar suatu hubungan bisa langgeng, berkualitas dan harmonis.
Diantara hal tersebut adalah membuat orang merasa penting, dihargai dan diakui keberadaanya. Sebab salah satu sifat dan karakter manusia adalah kebutuhan untuk dihargai dan diakui eksistensinya. Bahkan hal tersebut melebihi kebutuhan seseorang terhadap makan dan minum.
Untuk itu di sini saya akan menyampaikan bahwa ada 7 tips bagaimana membuat orang merasa penting. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Les Giblin dalam bukunya “ Skiil With People” pada halaman 13-14. Ketujuh tips itu adalah:
Pertama, Dengarkan mereka. Mengabaikan, acuh tak acuh dan menolak untuk mendengarkan mereka jelas membuat mereka merasa tidak penting, tidak dihargai dan merasa bukan siapa-siapa. Nah bagaimana cara menjadi pendengar yang baik ?. Di dalam buku ini pula (halaman 22-23) Les Giblin menjelaskan setidaknya ada 5 cara yaitu:
  1. Menatap orang yang sedang berbicara.
  2.  Condongkan badan ke si pembicara dan dengarkan dengan penuh perhatian.
  3. Ajukan pertanyaan. Ini membuat si pembicara tahu bahwa Anda sedang mendengarkannya.
  4. Ikuti topik si pembicara dan jangan memotong atau menyela. Sebab sikap seperti itu merupakan sikap tak terpuji dan membuat orang tidak menyukai Anda.
  5. Gunakan kata-kata si pembicara “Anda” atau “milik Anda”.
Kedua, Pujilah dan hargailah mereka, bila mereka berhak mendapatkannya.
Ketiga, Gunakan nama dan foto mereka sesering mungkin. Panggillah mereka dengan namanya –tanpa dikurangi atau pun ditambah-tambah-. Niscaya mereka akan respek kepada Anda.
Keempat, Berhentilah sejenak sebelum menjawab mereka. Ini memberi kesan bahwa Anda telah merenungi apa yang mereka katakan dan bahwa Ada manfaatnya untuk merenungkan.
Kelima, Gunakan kata-kata mereka “Anda” dan “milik Anda”. Bukan “saya” atau “milikku” .
Sambutlah orang yang menunggu untuk bertemu Anda adalah tips keenam. Jika mereka harus menunggu, buatlah mereka tahu bahwa Anda tahu mereka sedang menunggu. Ini bererti sungguh-sungguh memperlakukan mereka sebagai seseorang.
Dan terakhir yang ketujuh, Perhatikanlah setiap orang di dalam sebuah kelompok. Bukan hanya pemimpin atau pembicara.
Inilah ketujuh tips bagaimana cara membuat orang merasa penting. Semoga bermanfaat…!
Penting !
Oh iya buku kecil yang ditulis oleh Les Giblin ini sangat cocok buat Anda yang menginginkan kesuksesan karier yang lebih besar, kehidupan keluarga yang lebih bahagia dan kehidupan sosial yang lebih baik. Karena buku ini berisikan tips-tips ringkas yang mudah di aplikasikan dalam kehidupan ini.


Salam,
Syamsul Rijal.

Tidak ada komentar: