Profil

Sabtu, 31 Maret 2012

Belajar dari Kecoa

Anda tahu kecoa bukan…?
Kecoa adalah sejenis serangga, mereka merupakan jenis hama  penghuni rumah. Kecoa suka dengan tempat yang kotor dan lembab. Mungkin kita jijik saat melihat kecoa. Namun kali ini saya akan mengajak anda untuk belajar dari hewan yang satu ini. Karena tidak ada sesuatu pun yang sia-sia di dunia ini.
Pernahkah anda perhatikan, kecoa itu adalah hewan yang memiliki karakter pantang menyerah. Saat kita membantingnya ia tetap bangkit dan berlari jauh menghindar. Tapi selang beberapa saat ia kembali lagi, ia tidak akan menyerah begitu saja sebelum tujuannya tercapai.
Menurut Rully Charitas I. P., dalam bukunya “Menjadi Dahsyat Dengan Menyontek” sikap atau karakter Pantang menyerah adalah kebiasaan untuk selalu mencari dan menyiapkan alternatif guna keluar dari suatu permasalahan, yang sama artinya dengan mencari prospek untuk selalu maju. Intinya: JANGAN MATI DI SATU TITIK.
Dalam hidup ini, seringkali kita menperoleh kegagalan demi kegagalan; dalam kehidupan keluarga ataupun dalam berbisnis, sehingga banyak orang yang tidak mampu bangkit lagi ketika merasakan kegagalan demi kegagalan. Padahal ia sudah dekat dengan keberhasilan jika ia memiliki sikap pantang menyerah.
Kita tidak bisa membayangkan bagaimana jika Thomas A. Edison menyerah setelah melakukan percobaan yang ke 9.999, tentu kita tidak akan pernah merasakan terangnya dunia dengan penemuannya tersebut. Sebagaimana kita ketahui Edison menemukan bola lampu listrinya setelah melakukan 10.000 kali percobaan !. Kenapa Edison bisa bertahan dalam ribuan kegagalan yang ia temui ? kuncinya Cuma satu, ia memiliki sikap atau karakter pantang menyerah. Karena sikap Pantang menyerah menyiratkan semangat yang tidak mengenal putus asa.
Semoga bermanfaat…!

Salam,
Syamsul Rijal

Tidak ada komentar: