Profil

Selasa, 10 April 2012

Inilah Kunci Sukses Dalam Hidup


Salah satu kunci sukses ala Tung Desem Waringin –pengarang buku “24 Ilmu Para Milyarder”- adalah selalu memiliki NILAI TAMBAH/LEBIH. Insya Allah pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk menguraikannya sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki.
Pada dasarnya, setiap manusia mempunyai potensi dan keunggulannya masing-masing. Bagaimana bisa… ? ya sebab, Allah telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk sebagaimana di jelaskan dalam surat at-Tin ayat 4. Jadi manusia itu diciptakan oleh Allah dengan sebaik-baik bentuk pada semua sisi kehidupannya; fisiknya, mentalnya dan cara berpikirnya. Inilah yang membedakan manusia dari makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Oleh karena itu, sepatutnyalah kita semua bersyukur kepada Allah SWT serta patuh dan tunduk kepada-Nya.
Salah satu bentuk kesyukuran kita kepada Allah adalah dengan memanfaatkan potensi yang besar tersebut guna menjalankan tugas sebagai khalifah di muka bumi ini. Memakmurkan bumi ini, merawatnya dan tidak membuat kerusakan di dalamnya. Di sisi inilah setiap manusia berbeda satu dengan yang lain. Ada yang mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki dengan sebaik-baiknya, ada yang setengah-setengah, dan ada pula yang tidak bisa sama sekali memanfaatkan potensi besar yang dimilikinya.
Pada akhirnya kelompok pertamalah yang akan meraih kesuksesan yang hakiki di dunia maupun di akhirat. Kenapa ? karena mereka mampu menggunakan potensi yang dimilikinya sehingga mereka mempunyai nilai tambah dari dua kelompok yang lainnya.
Ya kesuksesan yang hakiki adalah kesuksesan yang menggabungkan antara urusan duniawi dan ukhrawi. Sebab boleh jadi ia sukses di dunia tapi belum tentu ia sukses di akhirat. Kesuksesan akhirat bisa diraih bilamana seseorang memiliki nilai tambah dihadapan Allah SWT. Karena sifat seperti inilah yang mendatangkan Cinta Allah SWT.
Selanjutnya, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara kita untuk memiliki nilai tambah tersebut ? caranya adalah dengan bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah SWT lebih dari manusia pada umumnya, memiliki keikhlasan, kesabaran dan tawakkal. Misalnya, disaat orang lain malas bersedekah maka ia tampil sebagai orang yang dermawan, ia berpuasa disaat orang lain tidak berpuasa sunnah senin kamis,  disaat orang lain terbuai dengan mimpi dalam tidurnya yang nyenyak, ia pun bangun melaksanakan qiyamullail (tahajjud).
Intinya adalah ketika kita mampu melakukan sesuatu melebihi atau mengungguli orang lain pada umumnya. maka, Allah swt akan makin cinta kepada kita. adakah kebahagiaan yang melebihi kebahagiaan saat dimana Allah swt cinta kepada seorang hamba...?!. Demikian halnya dengan urusan dunia; dalam urusan berbisnis misalnya; ketika kita mampu untuk memberikan servis atau pelayanan yang extra kepada para pelanggan yang tidak diberikan oleh para pesaing kita, maka yakinlah kesuksesan akan senantiasa menghampiri kita. Dalam pergaulan sosial kita, ketika kita mampu untuk tersenyum dengan pandangan yang bersahabat, disaat yang lain bermuka masam, cuek dan acuh tak acuh, maka yakinlah kita akan menjadi orang yang disukai dan disenangi, yang mana kehadirannya dirindukan sementara kepergiaannya akan ditangisi. Subhanallah….walhamdulillah… wallahu Akbar.
Dalam menuntut ilmu pun seperti itu, hanya mereka yang mampu menunjukkan nilai tambah, kesugguhan dan ketekunan yang extra lah yang memperoleh kesuksesan. Yaitu dengan selalu hadir dan tidak pernah bolos sekolah atau kuliah, duduk di bangku terdepan, mendegarkan dengan seksama penjelasan dari dosen, bertanya ketika ada sesuatu yang tidak dipahami dan rajin mengulang-ulang pelajaran di rumah.
Kesimpulannya adalah milikilah nilai tambah di semua lini kehidupan kita, niscaya kesuksesan akan menghampiri bahkan akan mengejar kita.
Sukses adalah hak saya, hak Anda, dan hak setiap manusia.
Semoga bermanfaat…!

Tidak ada komentar: